Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Ramadan, Busui Wajib Tahu!

 

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Ramadan, Busui Wajib Tahu!



Cara menjaga kesehatan tubuh saat Ramadan, busui wajib tahu adalah cerita yang ingin saya bagikan hari ini. Bagi busui (ibu menyusui) yang ingin tetap berpuasa di bulan Ramadan ini, tentu tidak boleh abai dalam menjaga kesehatan tubuh. Kalau tubuh sehat, tentu akan lebih khusyuk dalam beribadah. Proses menyusui juga tidak akan terganggu. 


Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Ramadan


Menjaga kesehatan tubuh saat Ramadan itu penting. Terlebih lagi untuk ibu menyusui. Bila tubuh sehat, ibu menyusui bisa fokus menjalankan ibadah puasanya. Produksi ASI (Air Susu Ibu) pun tidak terganggu. 


Lalu, bagaimana ya cara menjaga kesehatan tubuh saat Ramadan? Apa yang bisa busui lakukan agar tubuhnya selalu sehat dan bugar meski sedang berpuasa Ramadan. 


Berikut cara menjaga kesehatan tubuh saat Ramadan bagi ibu menyusui. 


Perhatikan asupan cairan


Ibu menyusui perlu memastikan diri untuk tetap terhidrasi selama berpuasa. Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup antara berbuka dan sahur, serta hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, ataupun soda yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Pilihlah makanan yang seimbang dan bergizi saat berbuka dan sahur. Perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, sumber protein, dan karbohidrat kompleks untuk menjaga energi dan keseimbangan gizi.

Makan dengan gizi seimbang saat sahur dan berbuka

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Ramadan, Busui Wajib Tahu!


Pilihlah makanan dengan gizi seimbang saat berbuka dan sahur. Perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, sumber protein, dan karbohidrat kompleks untuk menjaga energi dan keseimbangan gizi.

Hindari makanan berlemak dan berminyak

Makanan berlemak dan berminyak dapat menyebabkan pencernaan lambat dan gangguan lambung. Pilihlah makanan yang lebih ringan dan mudah dicerna untuk mencegah gangguan pencernaan yang dapat mengganggu kenyamanan ibu menyusui.

Istirahat cukup

Meskipun tetap ingin bisa beribadah dan melakukan aktivitas sehari-hari, ibu menyusui tetap perlu istirahat yang cukup. Usahakan untuk tidur cukup saat sahur dan manfaatkan waktu istirahat saat siang hari jika memungkinkan.

Hindari aktivitas fisik berlebih

Menyusui saja merupakan aktivitas berat yang memerlukan banyak energ. Jadi, kalau ibu menyusui malah melakukan aktivitas berat selama puasa, maka akan lebih banyak lagi energi yang akan terpakai sehingga busui bisa lebih cepat merasa lelah.

Baca Juga : Tips Berpuasa di Bulan Ramadan untuk Ibu Menyusui

Maka dari itu, hindari aktivitas fisik yang berlebihan atau melelahkan selama berpuasa. 

Perhatikan tanda-tanda kesehatan

Jika merasa tidak sehat atau mengalami gejala seperti pusing, lemas, atau dehidrasi yang parah, segeralah berkonsultasi dengan dokter atau bidan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kesehatanmu ibu menyusui adalah prioritas utama

Konsumsi suplemen bila perlu

Konsumsilah suplemen yang direkomendasikan oleh dokter,terutama jika memang diresepkan sebelumnya. Suplemen tertentu seperti asam folat atau vitamin D dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan bayi.

Perhatikan reaksi bayi

Amati reaksi bayi terhadap ASI yang diberikan selama puasa. Jika terdapat perubahan pola makan, gangguan pencernaan, atau gejala lain yang mencurigakan, segera konsultasikan dengan dokter atau konselor laktasi.

Baca Juga : Konselor Laktasi, Bantu Ibu Sukses Menyusui

Tanya ahli

Berkomunikasi dengan ahli kesehatan, jika memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang kesehatan ibu atau bayi selama berpuasa, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau konselor laktasi. Mereka dapat memberikan saran dan dukungan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu menyusui selama Ramadan.


Penutup


Menjaga kesehatan tubuh selama Ramadan menjadi kunci penting bagi ibu menyusui untuk tetap memberikan ASI yang berkualitas kepada bayi mereka. Dengan memperhatikan asupan nutrisi, kehidratan tubuh, istirahat yang cukup, dan komunikasi dengan ahli kesehatan, ibu menyusui dapat menjalani Ramadan dengan baik dan tetap sehat serta bugar. 


#BPNRamadan2024

#BPNRamadan2024Day2






15 komentar

  1. Bagi ibu menyusui tentu butuh asupan gizi yang cukup ya. Apalagi di bulan puasa, tantangan busui jadi makin banyak. Terima kasih tipsnya.

    BalasHapus
  2. Penting buat ibu menyusui tahu ini. Karena ketika tidak puasa saja habis menyusui pasti lapar sekali. Ibu menyusui yg tetap puasa pasti punya tantangan sendiri. Semangat ibu²

    BalasHapus
  3. Pengalaman puasa saat menyusui ini memang terasa sangat luar biasa. Ya lapar ibunya, ya bayinya pun kudu belajar sabar karena pastinya ASI-nya gak sepekat saat makan dan minum dengan rutin dari waktu ke waktu ya.. Tapi in syaa Allah, ini bagian dari menanamkan akidah kepada anak sejak dini. Bismillah.. sehat sehat selalu untuk bumil dan busui.

    BalasHapus
  4. Bagi ibu menyusui, berpuasa Ramadan ini harus sangat memperhatikan asupan makanan dan minuman, karena ada sang buah hati yang membutuhkan asi berkualitas juga.

    BalasHapus
  5. Tantangan besar buat ibu menyusui saat puasa. Karena energinya butuh double. Makanya perlu banget buat makan yg bergizi di saat sahur dan berbuka. Bahkan kalau perlu minum suplemen.

    BalasHapus
  6. Selama menyusui saya absen puasa, karena memang kondisinya gak memungkinkan. Katanya minum susu kurma juga bikin busui kuat puasa dan asi lancar

    BalasHapus
  7. Penting dibaca ibu-ibu yang sedang menyusui nih. Kemarin temenku nanya gimana ya biar bisa puasa saat menyusui. Kasih artikel ini aja ya.

    BalasHapus
  8. Asupan gizi yang seimbang dan tepat harus dipahami dan diketahui oleh para orang tua, khususnya yang sedang hamil atau menyusui. Karena asupan gizinya bukan hanya untuk diri, namun juga untuk kebutuhan si kecil

    BalasHapus
  9. Jangan sampai kekurangan cairan itu harus diperhatikan sekali ya saat berpuasa. Ya meski tak selalu dari minum air, bisa juga dari. Sayuran dan buah-buahan

    BalasHapus
  10. jadi inget waktu hamil anak pertama pas lagi ramadhan. pengennya puasa tapi setelah konsul dengan obygn gak disarankan karena masalah kesehatan aku nya, sedih sih ya, huhuhu

    BalasHapus
  11. Setuju bangett, sepupuku jg lagi hamil dan ngotot pengen puasa. Aku bilang sih bukan hanya ibunya aja yang harus kuat, anaknya juga harus kuat ya kaaan >.<

    BalasHapus
  12. Menjaga kesehatan selama berpuasa memang penting sekali, terutama untuk ibu hamil. Mengingat kondisinya yang berbadan dua, harus hati-hati dengan kesehatannya.

    BalasHapus
  13. Wah, ini info penting banget buat para busui yang pengen tetep sehat dan bisa menjalani puasa Ramadan dengan lancar. Penting banget nih, terutama soal asupan makanan dan minuman yang seimbang serta istirahat yang cukup. Yuk, jaga kesehatan bersama-sama selama bulan Ramadan ini! 💪🍲🥤

    BalasHapus
  14. tips nya manfaat nih untuk busui.. aku ramadan tahun ini pas dengan menyapih anakku, anak bungsuku genap 2 tahun maret ini ^^

    BalasHapus
  15. Tips ini pastinya sangat bermanfaat bagi ibu menyusui. Coba deh kushare, nanti.

    BalasHapus